Pengertian, Cara, Manfaat dan Efek Negatif Lucid Dreaming

Halo guys, kali ini saya akan membahas hal yang sering ditanyakan di inbox dan juga DM, Yup, Lucid Dreaming. Sepertinya sudah banyak sumber yang menjelaskan tentang artikel ini ya, tapi tidak apa apa lah kali ini saya akan membahasnya lebih detail, dan juga share pengalaman Lucid Dreaming sendiri hehe. Saya akan membahas Pengertian Apa Itu Lucid Dreaming, Cara/Teknik Melakukan Lucid Dreaming, menjelaskan manfaat Lucid Dreaming dan Efek Negatif Lucid Dreaming.
Septino Wibowo
Banyak orang tidak sadar bahwa mereka sebenarnya pernah mengalami Lucid Dreaming, dari yang basic sampai ahli semuanya pasti menyukai Lucid Dreaming karena seperti membuat kisah hidup sendiri didalam mimpi. Ketika sudah sering atau terbiasa melakukannya maka akan membuat imajinasi yang makin berkembang semakin aktif dan membuat otak berfungsi lebih optimal dalam hal kreatifitas. Nah, sekarang saya mau cerita pengalaman saya dulu ya hehe seperti biasa lah.

Cerita dimulai.
November 2003, saat usia saya baru menginjak 6 tahun saya sedang gemar gemarnya berimajinasi tentang berbagai hal semisal menjadi Ultra-man, Power Ranger, Kesatria Baja Hitam dan tokoh super hero jepang lainnya yang membuat saya terkenal di sekolah dengan kekonyolan saya. Saya sering menggambar kartun dan juga super hero jepang tersebut didalam buku pelajaran saya yang suatu hari ketahuan Bu Suprapti (Guru Kelas 1 SD dn juga Wali Kelas), saya ditegur supaya menggambar di buku gambar saja atau menggambar di papan tulis dengan kapur warna. 

Kemudian Bu Suprapti memberikan saya kapur warna, saya pun merasa sangat senang waktu itu. Kemudian saya pulang dan menggambar imajinasi saya di lantai, karena lantainya masih belum dikramik semacam campuran semen pasir dan dll memudahkan saya untuk menggambar sesuka hati saya dan ketika sudah bosan saya hapus dengan kain baju yang sudah tidak terpakai dengan sedikit mencelupkannya ke air.

Ketika saya sudah capek dengan menggambar imajinasi saya di lantai saya ketiduran dilantai dengan posisi tengkurap karena saking sepoy sepoy nya udara waktu itu (pemanasan global belum terasa). Ketika saya bermimpi saya bertemu dengan Ultra-man yang sedang melawan musuhnya yang berbentuk raksasa, saya masih ingat sekali saya pun membantu Ultra-man dengan tembakan laser dan mengenai musuh raksasa itu dan meledak haha lucu sekali bukan. Setelah itu Ultra-man menghampiri saya dan memberikan lencana Ultra-man dan saya berubah menjadi Ultra-man mungil dan terbang bersama Ultra-man itu. 

Setelah itu saya terbangun karena Nenek saya membangunkan saya, Nenek takut kalo saya masuk angin hehe. Setelah mimpi itu saya merasa semakin bersemangat untuk mencoba bermimpi dan membuat imajinasi saya yang lain tapi selalu gagal karena saya tidak bisa fokus dan terlalu berimajinasi dala kesadaram penuh. Tanpa saya sadari beberapa kali saya bermimpi dan bisa mengubah mimpi saya seperti yang saya inginkan sampai suatu hari mungkin di umur 10 tahun saya mencoba untuk memahaminya. 

Kenapa saya bisa bermimpi seperti itu dan awal saya tidur dan dengan posisi seperti apa, akhirnya setelah saya paham saya mencoba untuk memusatkan imajinasi saya dan melemaskan tubuh dan tertidur. ternyata berhasil. Saya mampu membuat imajinasi saya bermunculan seperti Ultra-man melawan musuh dengan Power Rangers dan Satria Baja Hitamnya adalah saya haha. 

Setelah itu saya mencoba hal baru lagi, saya berinteraksi dengan mereka, berbicara dan melakukan banyak hal dalam mimpi saya yang tidak saya sadari bahwa ketika saya bermimpi saya dikira meninggal oleh Nenek sebab nafas saya terhenti sesaat dan saya terbangun kembali. Di saat itulah saya menyadari bahwa Lucid Dreaming tidak sepenuhnya menyenangkan tapi juga berbahaya.

Note: Lucid Dreaming terlama saya adalah 16 jam tidur tanpa bangun sedikitpun. Dan efeknya bisa ke organ tubuh yaitu nafas yang berhenti tiba tiba, dan kepala pusing berjam jam. (Jangan terlalu sering melakukan Lucid Dreaming, Berbahaya!!!)

Ok guys jadi begitulah cerita tentang Lucid Dreaming saya diatas, sebenarnya masih ada banyak tapi 18+ isinya hehe karena waktu masa puber imajinasi bukanlah tentang kartun lagi, you know lah hehe. Ok jadi sekarang saya akan menjelaskan tentang segala hal mengenai Lucid Dreaming. Ini dia:


Apa Itu Lucid Dreaming?
Lucid Dreaming adalah kesadaran penuh saat berada di alam mimpi dan bisa mengendalikan mimpi dengan sesuka hati. Perbedaannya dengan mimpi biasa adalah kalian tidak sadar sedang bermimpi apa saja dan ketika mengalami Lucid Dreaming indra penciuman, rangsangan dan ke pekaan kalian masih aktif seperti ketika sedang sadar. Lucid Dreaming itu merupakan satu tingkat dibawah Astral Projection, Baca Juga : Pengalaman Mengerikan Ketika Astral Projection Pertama

Tingkatan Lucid Dreaming pada umumnya dibagi menjadi 3 bagian:

  1. Dasar/Basic: Kamu dapat berjalan, menembus tembok dan berlari kemana saja
  2. Menengah/Medium: Kamu bisa memunculkan siapa saja yang kamu inginkan dalam mimpi seperti teman, seseorang yang kamu suka, artis ataupun super hero dll
  3. Ahli/Master: Kamu bisa melakukan interaksi secara fisik dan terasa begitu nyata seperti makan minum, berbicara dll


Cara atau Teknik Melakukan Lucid Dreaming

  • Buatlah tubuh kamu relax, duduk atau tiduran di tempat yang nyaman dengan menggunakan pakaian yang nyaman pula.
  • Atur pernafasan kamu dan tetaplah dalam keadaan sadar sampai tubuh kamu terasa lemas dan masuk ke fase Sleep Parelyesed
  • Dalam fase Sleep Parelysed atau Tindihan, dimana badan tidak bisa bergerak tapi pikiran tetap aktif/sadar. Maka jangan takut dan terus tetap terjaga dan jangan melakukan hal yang menggugurkan Tindihan/Sleep Parelysed kamu
  • Kemudian kamu akan masuk kedalam ruang hitam yang merupakan pintu alam bawah sadar memasuki ruang mimpi kamu, tetaplah aktifkan pikiran dalam keadaan sadar dan mata terpejam
  • Setelah kamu melihat cahaya dan memasuki ruang baru dan bisa merasakan sesuatu dan mendengarnya kamu berhasil masuk kedalam mimpi kamu dan mengalami Lucid Dreaming
Note: Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat proses Lucid Dreaming seperti nafas yang tiba tiba berhenti, pusing berjam jam dll, dan biasanya proses Lucid Dreaming tidak mudah dan tidak bisa sekali bisa perlu percobaan beberapa kali sampai bisa masuk kedalam alam mimpi kamu sendiri.

Manfaat Lucid Dreaming

  • Dari beberapa penelitian tentang Lucid Dreaming di luar negeri (cari sendiri di google, males ngasih sumber) Lucid Dreaming bermanfaat bagi otak kanan yaitu mengoptimalkan kinerja dalam hal kreatifitas dan imajinatif.
  • Memberikan kebahagiaan karena hal yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata bisa dilakukan dengan Lucid Dreaming.
  • Menambah kemampuan berpikir dengan konsentrasi yang lebih baik. 

Efek Negatif Lucid Dreaming

  • Malas melakukan sesuatu karena bisa mendapatkannya dalam Lucid Dreaming
  • Porsi tidur kebih lama dari umumnya
  • Gaya Hidup tidak stabil yang mengakibatkan beberapa gangguan pada organ tubuh karena jarang digunakan.

Nah demikian pembahasan tentang Lusic Dreaming guys. Kalo kalian merasa artikel ini belum lengkap mohon masukannya dengan berkomentar dibawah ini dan beri masukan apa saja yang perlu dibahas lagi akan saya tambahkan atau diupdate di artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan kepada kalian dan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan informasinya. Jangan terlena dengan mimpi karena mimpi tetaplah mimpi, bahkan dunia nyata bukanlah kenyataan yang abadi karena keabadian akan datang ketika kita sudah mati. Akhir kata, 'mereka' ada disekitar kita. Septino Wibowo