Asal Usul Siluman Mbelelek dan Faktanya Dalam Islam

Halo guys, maaf beberapa hari ini tidak update karena ada beberapa kendala yang pertama kuota, kedua beberapa hal aneh yang menimpa desa saya sendiri. Entah kenapa banyak hal aneh yang datang di desa saya belakangan ini seperti dua burung hantu hitam yang muncul didepan rumah, gangguan beberapa dari 'mereka' yang tidak biasa dan juga tiga 'teman kecil' saya tidak kunjung pulang dan tadi subuh mereka baru pulang dan ketika saya tanya darimana mereka hanya diam. Ok kita tinggalkan soal kejadian aneh belakangan ini nanti kalo sudah ada penyelesaian dari hal ini pasti saya share tapi sekarang saya akan membahas tentang hantu/siluman Mbelelek.
Septino Wibowo
Apa kalian pernah dengar kisah hantu atau siluman Mbelelek? Belum? berarti orang tua atau sesepuh kalian belum ada yang cerita mengenai si kambing bertubuh manusia berkaki kambing tiga (depan dua belakang satu) kayak becak ya hehe. Mbelelek ini adalah perwujudan dari makhluk berkepala kambing, bertubuh manusia dan juga memiliki tangan menyerupai manusia hanya saja berjari tiga, dan memiliki tiga kaki kambing yang dua berada didepan dan satu dibelakang.

Menurut cerita dari Nenek, pada jaman 40an banyak siluman siluman seperti Mbelelek ini. Nenek saya yang memiliki kemampuan seperti saya yang kerap merasakan hal yang tidak mengenakkan setiap hari. Waktu kecil nenek saya pernah disembunyikan oleh Genderuwo, sampai akhirnya Kakek Buyut saya atau Ayah nenek yang memiliki kemampuan seperti saya dan nenek memanggil Genderuwo itu dan mengancamnya akan membunuh Genderuwo itu serta anak cucunya jika nenek saya tidak dikembalikan, setelah itu nenek saya muncul dari pepohonan bambu yang masih sangat lebat di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Ada hal yang tidak bisa dilupakan nenek saya dan diceritakan kepada saya yaitu kisah tentang Mbelelek yang membawa sahabat nenek saya dan berakhir tragis. Kembali ke jaman 40an, Nenek saya dan sahabatnya berjalan jalan di hutan Gunung Kajar, Lasem, Rembang, Jawa Tengah sore hari yang waktu itu masih sangat lebat dengan pepohonan tinggi.

Di pertengahan jalan saat nenek dan sahabatnya menemukan air terjun, tapi nenek merasa ada hal yang aneh dengan air terjun itu. Sebab airnya tidak terasa dingin ataupun hangat tapi hanya seperti air biasa. Kemudian sahabat nenek itu mengajak nenek untuk berenang dan sekedar bermain air dipinggir air terjun tapi nenek tidak mau jadi hanya sahabat nenek yang bermain air dan ketika nenek sadar bahwa itu hanya ilusi dari bangsa jin nenek berteriak kepada sahabat nenek untuk segera pergi dari air terjun itu.

Ketika sahabat nenek itu sadar bahwa dia bermain main disekitar kuburan kemudian dia berlari menghambiri nenek. Tapi alangkah terkejutnya nenek saat ada Mbelelek datang dan mengambil sahabat nenek itu pergi secepat angin. Mbelelek itu datang dan berlari lurus serta bersuara seperti kambing "lelelelelelelek" seperti itulah kira kira suara yang dikeluarkan Mbelelek itu dan merampas sahabat nenek dengan mudahnya kemudian menghilang dalam lebatnya hutan. Nenek yang saat itu masih kecil belum begitu mengerti dan menangis meminta pertolongan Ayahnya yaitu Kakek Buyut saya. Setelah nenek bercerita Ayah nenek pun bergegas memanggil kawannya untuk mencari Mbelelek itu di tempat persembunyiannya.

Setelah Kakek Buyut melakukan scanning tempat akhirnya beliau menemukan tempat persembunyian Mbelelek itu yang berada di Gua yang hanya bisa dilihat orang tertentu. Kemudian Kakek Buyut membacakan sesuatu dan membakar daun tertentu dan disebarkan diseluruh terowongan Gua tersebut. Tak lama kemudian Mbelelek muncul dengan banyak kawannnya, Kakek Buyut pun bersiap bersama kawannya duduk dan membacakan sesuatu dan kemudian Mbelelek itu terbakar. Kakek Buyut pun melihat sahabat nenek sudah tak bernyawa dengan lengan yang putus dan kaki hanya tersisa tulang saja. Kakek Buyut pun pulang bersama kawannya membawa sahabat nenek dengan keadaan tragis. Itulah kisah si Mbelelek di jaman penjajahan tersebut.


ASAL USUL MBELELEK
Nenek juga bercerita asal usul Mbelelek adalah sekelompok orang yang menginginkan kekayaan dan kekuatan dengan jalan hitam. Kelompok itu mengadakan ritual tertentu dan mempersembahkan kambing jantan sebagai tumbal dan kemudian memakann satu kaki kambing itu bersama sama. Setelah itu mereka bertapa sampai berubah wujud menjadi Mbelelek dan jika mendapatkan tumbal anak kecil maka kekayaan dan kekuatan mereka akan terus bertambah.

Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa Mbelelek bukanlah Hantu tapi merupakan siluman atau orang orang yang bersekutu dengan jin munafik dan setan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

FAKTA MBELELEK DALAM ISLAM
Terus bagaimana Fakta dalam Islam mengenai Mbelelek? Ini penjelasannya:

  • Sihir atau bersekutu dengan Setan sudah ada dari zaman Nabi dan hal ini sangat umum dan akan selalu ada sampai akhir zaman
  • Siluman adalah perwujudan dari membangkangnya manusia yang menyekutukan Allah SwT dan memilih jalan pintas untuk mendapakan hal yang diinginkan
  • Tumbal merupakan suatu kewajiban bagi pengikut Setan sebagai pengabdian yang sangat berat dosanya


Nah begitulah asal usul Siluman Mbelelek dan Fakta di dalam Islam pun memang meyakini bahwa sihir dan Setan itu adalah musuh yang nyata. Jadi jangan sekali kali menyekutukan Allah SwT karena itu termasuk dosa besar yang tidak bisa diampuni. Dan pesugihan serta ritual pemanggil setan dan bersekutu dengan Setan merupakan hal sesat yang perlu dihindari dan juga dibasmi sehingga tidak da korban jiwa dan juga mala petaka yang datang menerpa pada suatu hari.

Mungkin cukup sekian artikel pembahasan tentang Mbelelek, apakah Mbelelek masih ada sampai sekarang? Kalo menurut saya masih karena sesuai dalam Islam Sihir akan tetap ada sampai akhir zaman. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta mendekatkan diri kepada Allah SwT dan menjauhi segala apa yang dilarang. Akhir kata, 'mereka' ada di sekitar kita, Septino Wibowo