Asal Usul, Jenis dan Fakta Kuntilanak Dalam Islam

Halo guys, kali ini saya akan berbagi cerita lagi sekaligus informasi untuk kalian mengenai Mbak Kunti hehe. Banyak orang yang merinding ketakutan ketika mendengar nama ini kan ayo ngaku. Ya iyalah pasti begitu karena banyak kisah tentang Mbak Kunti yang di riwayatkan diberbagai daerah Indonesia yang membuat Mbak Kunti lebih terkenal daripada Presiden haha percanda. Tahukah apa itu Kuntilanak yang sebenarnya?

Ada yang berpendapat seorang wanita muda yang meninggal kemudian dirasuki oleh setan atau iblis kemudian menculik bayi, ada juga yang bilang hantu yang gentayangan karena korban pemerkosaan dan ada juga yang bilang hantu wanta yang dibunuh ketika sedang mengandung atau hamil bahkan ada yang bilang Kuntilanak yang tinggal didalam cermin dan mencari majikan.
Septino Wibowo
Cerita dulu ya guys, dulu waktu jaman SMP. Ketika kelas VIII saya mengalami hal yang begitu buruk yaitu bertemu dengan Mbak Kunti. Tentu saja secara tidak sengaja. Pada sore hari menjelang maghrib ketika saya pulang dari rumah teman saya, saya melihat ada seorang gadis berpakaian adat jawa berpapasan dengan saya. Karena saat itu saya jalan kaki saya menyapanya dengan anggukan karena dia tersenyum kepada saya. Setelah itu saya merasa ada yang aneh karena baunya tidak biasa. Kemudian saya menoleh kebelakang dan tidak ada siapa siapa, saya pun mulai kebingungan masih saja tertipu dengan setan hehe.

Saya yang masih menutup mata batin kemudian entah berpikir apa terbukalah mata batin dan melihat sosok aslinya didepan saya. Saya tidak bisa berkata apapun apalagi bergerak. Dia tersenyum dengan wajah yang tak enak dipandang kemudian berbisik bantu saya dalam bahasa jawa. Saya mulai keringat dingin dan menguatkan diri untuk segera berjalan mengindar tapi Mbak Kunti malah kelihatan sedih. Saya pun mulai menenangkan pikiran dan hati kemudian saya bertanya dalam batin bantu apa.

Dia menjawab dan menyuruh saya mengambilkan barangnya yang tertinggal didalam rumah tua. Saya pun melihat rumah tua itu dan penuh dengan aura negatif dan membuat saya pusing dan emosi saya berubah ubah. Setelah itu saya pun berjalan mendekati rumah tua tersebut dan ternyata ada penguninya seorang Bapak bapak paruh baya memakai sarung dan kaus kutang putih duduk di teras rumah. Saya pun bertanya lagi kepada Mbak kunti barang apa yang dimaksud ternyata ******, kemudian saya bertanya kepada bapak tersebut mengenai barang tersebut. Bapak itu kaget mendengar saya bertanya demikian dan menyuruh saya masuk kedalam rumah dan saya pun tidak bisa menolak.

Setelah itu bapak itu bertanya darimana saya tahu tentang barang itu, kemudian saya menceritakan bahwa ada sosok yang bertanya kepada saya tentang barang itu dan menyuruh saya mengambilnya. Akhirnya setelah barang itu diambil bapak itu Mbak Kunti menyuruh saya supaya bapak itu memendam barang itu setelah itu bapak itu menuruti perintah saya dan Mbak Kunti memberikan saya sebuah benda seperti keris berukuran kecil berwarna merah yang ukurannya sebesar jari kelingking.

Saya pun menyimpannya dalam saku kemudian Mbak Kunti menghilang dan saya berbincang bincang dengan bapak itu sebentar dan beliau berterima kasih atas bantuan saya karena beliau sudah beberpa bulan merasa gelisah sering bermimpi tentang anaknya. Setelah berbincang bincang dan saya dikasih kue dan uang saku saya sih senang saja hehe terus saya diantar pulang sampai dengan rumah saya.

Benarkah Kuntilanak itu ada? Nyatanya memang terkadang banyak oang yang melihat sosok menyerupai Kuntilanak di berbagai tempat termasuk saya hehe. Sosok berambut panjang, dengan pakaian serba putih kayak mau upacara tujuh belasan aja ya hehe. Sebenarnya banyak sekali hal yang salah kaprah dari banyak hal yang beredar di masyarakat. Banyaknya cerita dari mulut ke mulut yang tidak jelas kebenarannya membuat suatu kepercayaan sendiri bahwa Kuntilanak adalah Hantu yang suka menculik bayi dan membunuh orang sesuai perintah majikan. Berikut Asal Usul Kuntilanak dari berbagai versi:
ASAL USUL KUNTILANAK
Kuntilanak Asal Kalimantan
Diceitakan dari Pontianak ada seorang gadis muda yang meninggal kemudian raganya dirasuki setan atau iblis dan suka menculik bayi. Suatu ketika bayi Raja diculik oleh Kuntilanak dan kemudian Sang Raja membuat sayembara jika ada yang bisa menangkap hantu Kuntilanak tersebut akan mendapat upah sekantung emas. Akhirnya Kuntilanak tersebut ditemukan oleh seorang yang memiliki tingkat spiritual dan religi yang tinggi dan membawa sang bayi kembali serta mendapatkan upah sekantung emas.

Kuntilanak Asal Alas Roban
Suatu malam ada dua sejoli atau sepasang kekasih sedang bersama sama di alas roban, kemudian sang wanita diperkosa oleh pacarnya sendiri sampai mati dan mayatnya dibuang disana. Maka hantu sang wanita itu gentayangan dan bersumpah akan mengganggu para laki laki yang suka menyakiti wanita.

Kuntilanak Asal Jawa Barat
Suatu ketika ada seorang istri yang tidak bisa hamil dan sang suami gelisah tidak memiliki keturunan. Kemudian sang suami memutuskan untuk berpoligami walaupun sang istri tidak setuju. Setelah berpoligami munculah keajaiban sang istri (tua) hamil, mendengar itu sang istri (muda) takut akan diceraikan oleh sang suami. Maka sang istri (muda) menyuruh orang untuk membunuh istri (tua) dan menguburnya dengan sang janin dalam perut sang istri (tua). Kemudian hantu yang istri (tua) bergentayangan dan menghantui sang istri (muda) sampai akhirnya meninggal dunia dengan cara yang tidak wajar.

Kuntilanak Asal Jawa Tengah
Kuntilanak adalah sebangsa setan berbentuk wanita tua yang tinggal didalam cermin dan mencari majikan untuk dilayani tentu dengan memiliki kelebihan dan kekuatan khusus. Suatu ketika ada seorang wanita yang memiliki kelebihan dan kekuatan khusus dan akhirnya menaklukan Kuntilanak tersebut dan menjadi budaknya. Dan setelah itu sang wanita itu harus memberi tumbal kepada sang Kuntilanak untuk memperkuat kekuatannya dan akan turun temurun kekuatan itu diwarisi entah anak atau sodara terdekatnya. Konon katanya sang Wanita mencari tumbal dengan cara memangilKuntilanak untuk membunuh sang tumbal, sang wanita memanggil Kuntilanak dengan durmo Lingsir Wengi kemudian Kuntilanak akan datang dan menghabisi sang korban atau tumbal.

Berikut Lirik Durmo Lingsir Wengi
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Arti lagu dalam bahasa Indonesia:
Menjelang malam, dirimu (bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

JENIS JENIS KUNTILANAK
Versi manakah yang menurut kalian memang benar adanya? Lalu apakah jenis jenisnya? Menurut Asal Usul diatas Kuntlanak menjadi berbagai jenis, berikut jenis jenisnya:

  1. Kuntilnak Penculik Bayi
  2. Kuntilanak Yang Suka Menghantui Laki Laki Hidung Belang
  3. Kuntilanak Teror atau biasa disebut Kuntilanak Merah
  4. Kuntilanak Durmo
FAKTA KUNTILANAK
Dari banyaknya jenis Kuntilanak diatas, terus apakah fakta tentang Kuntilanak? Apakah cerita diatas semua itu benar adanya atau ada beberapa yang benar atau malah tidak ada yang benar sama sekali? Berikut adalah fakta tentang Kuntilanak:
  • Kuntilanak adalah Nama yang diberikan dari orang jawa dari kata Kuntil dan Anak yang artinya Pencuri anak, Dalam sejarah pada jaman 60an banyak warga Pontianak khususnya yang kehilangan bayi mereka secara misterius. Setelah ditelusuri oleh orang pintar atau dukun bayi diambil oleh sosok wanita yang sudah tak bernyawa yang dikendalikan oleh setan. Hal yang perlu dijelaskan adalah orang yang sudah meninggal sudah terputus dari segala hal dan raganya tidak bisa digunakan oleh setan ataupun iblis untuk media. Jadi siapa yang mencuri bayi tersebut? Hanya Allah yang tahu
  • Kuntilanak Berpakaian serba putih dengan rambut panjang menutupi wajah, hal ini sering ditemui di berbagai tempat. Faktanya tidak semua kuntilanak memakai pakaian serba putih tergantung cara merka menginggal dengan tidak wajar maka akan bergentayangan dengan baju yang sama.
  • Kuntilanak peneror, ini yang sering ditakuti masyarakat. Kuntilanak meneror seseorang atau mengikutinya karena beberapa faktor yaitu karena seseorang itu tidak permisi ketika melewati tempat Kuntilanak berada, melakukan hal yang tidak seharusnya seperti kencing, bercinta, meludah, atau berkata kotor. Maka akan mengakibatkan hal yang tidak menyenangkan timbul.
  • Kuntilanak merupakan hantu yang paling menyeramkan, faktanya Hantu adalah manusia yang meninggal dengan tidak wajar dan Hantu juga tidak akan mengganggu manusia dan tidak menampakkan dirinya begitu saja. Perhatikan penjelasan dibawah ini:
Surat Ali Imran ayat 169 
Yang artinya berbunyi “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rizki.”
Lalu siapakah hantu Mbak Kunti itu? Seperti yang sudah sempat dikatakan di paragraf sebelumnya, Kuntilanak sebenarnya adalah jin yang menjelma menjadi wujud hantu Kuntilanak itu sendiri untuk mengganggu manusia dan membuatnya berada dalam ketakutan. Asal usul Kuntilanak yang mengatakan bahwa Kuntilanak muncul karena berbagai hal kematian yang tiak wajar mugkin benar mereka bergentayangan tapi tidak akan mengganggu manusia biasa dan tidak menampakkan diri begitu saja. Tak hanya bisa berbentuk Kuntilanak, seperti yang kita ketahui dalam Islam jin juga diyakini bisa menjelma menjadi apa saja. Misalnya seperti pocong seperti penjelasan di artikel sebelumnya, jin juga bisa berwujud demikian.
  • Kuntilanak Durmo, Kuntilanak yang dipanggil dengan Durmo Lingsir Wengi. Faktanya adalah Lagu lingsir wengi diciptakan oleh Raden Said atau Sunan Kalijaga. Lagu ini dipakai Sunan Kalijaga setelah Sholat Malam untuk menolak bala dan mengusir makhluk ghoib yang datang mengganggu dan lirik dan maknya yang sebenarnya adalah sebagai pernyataan doa kepada Tuhan. Di film Kuntilanak liriknya diubah menjadi Durmo pemanggil Kuntilanak merupakan karangan seseorang yang ingin memanggil Kuntilanak dan mengumpulkannya dan kemudian menyingkirkan Kuntilnak bukan untuk menjadikan Kuntilanak sebagai budak seperti di film Kuntilanak. Berikut Lirik Asli Lingsir Wengi:
Lingsir Wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Arti dalam bahasa Indonesia:
Menjelang Tengah Malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaanya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari



Nah, itulah fakta fakta  dan dalam pandangan Islam mengenai Kuntilanak yang terkumpul bedasarkan informasi dari berbagai sumber. Sekian dulu ya artikel diatas semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua dan menjadi pengetahuan kalian supaya berpikir terbuka dalam segala sesuatu. Jangan mudah percaya dengan cerita yang belum terbukti kebenarannya karena hal itu bisa berdampak negatif sendiri bagi kalian. Akhir kata, 'mereka' ada disekitar kita. Septino Wibowo