Cara Menampilkan Iklan AdSense Hosted di Blog/Website TLD Menggunakan Dfp

Halo guys, Dalam Artikel kali ini saya akan membahas tentang AdSense lagi nih. Kalo kalian nunggu tutorial tentang Cara Submit Tax AdSense USA W-9 terbaru maaf saya tidak akan mengambil resiko untuk kalian jika mengikuti tutorial saya jadi saya tidak akan share, karena pengalaman dari tutorial kemaren banyak yang mengikuti tutorial tax W-8 dan berhasil dan ketika Google mengupdate tax ke W-9 ada beberapa orang yang malah mengikuti tutorial saya padahal di Screenshot sudah tertera W-8 bukan W-9 dan pada komentar dan inbox saya melalui facebook menyalahkan saya karena tutorial saya gagal dia lakukan ya jelas lah kan salah mengikuti tutorial atau mungkin tidak cermat dalam membaca tutorial.
Septino Wibowo
Ok kita tinggalkan tentang update tax W-9, mari kita bahas tentang tutorial AdSense yang lain. Sebenarnya sudah lama ingin menupdate artikel tentang hal ini tapi karena yah kesibukan lain jadi baru sekarang baru bisa update hehe.

Di dalam AdSense seperti yang kita ketahui ada 2 jenis akun, yaitu Hosted dan Non Hosted. Ada beberapa orang yang bertanya kepada saya, "Sep, kok iklan saya gk tampil ya di blog. Padahal sudah full approved ; Ane tanya ke dia: Emang daftarnya dari mana gan?; Dia jawab: Dari youtube" LOL

Sekarang saya akan meluruskan yang bengkok eh maksud saya meluruskan hal yang diangap aneh dan membingungkan para publisher baru yang ingin mencari nafkah di Google. Pertama, Akun Hosted yang didaftarkan dari YouTube dan disetujui sepenuhnya tidak akan bisa tampil di Blog manapun (Peraturan Google Update 2014), Jika ingin menampilkan iklan di blog harus upgrade terlebih dahulu ke Non Hosted dengan cara masuk ke AdSense>Iklan>Other Product> Disana akan muncul perintah untuk memasukkan url blog tld kamu untuk mengupgrade, jika sudah kamu masukkan maka submit dan tunggu keputusan dari Google.

Ada Juga halnya jika mendaftar AdSense melalui Blog dengan Blogspot, maka hasilnya juga akan Hosted, tapi ada perbedaan antara hosted blog dan hosted youtube yaitu hosted blog bisa tayang di blog dan berplatform blogspot sedangkan hosted youtube perlu upgrade untuk bisa tayang di semua jenis blog.

Membahas tentang AdSense Hosted Blog, apakah kalian tahu bahwa Hosted Blog juga bisa tayang di Blog/Website TLD? Ya salah satu partner Google yang bisa membantu akun hosted blog menanyangkan iklan di blog/website tld adalah fdp.

Insya Allah dengan cara ini tidak akan melanggar peraturan Google AdSense, karena fdp merupakan partner google juga. Okay jika kalian sudah paham keterangan diatas maka kita mulai tutorialnya saja:


  • Masuk Ke Dfp

Masuklah ke website Dfp dan login di Dfp https://www.google.com/dfp


  • Buat Iklan

Klik menu INVENTORY/Intentaris kemudian klik menu New ad Unit yang berwarna hijau


  • Isi Form

Isi form seperti gambar dibawah ini sesuai keinginan kamu, dari nama kode sampai ukurannya, ingat ukurannya yang sejenis ya semisal kalo kotak ya ukuran kotak seperti 300x250 dst.


Kode : Isi dengan angka iklan yang sahabat buat, bebas menggunakan angka berapa saja.
Nama : Di diperlukan untuk nama iklan yang akan kamu buat, bebas mau menggunakan nama apa saja
Deskripsi : Kamu bisa kosongi bagian ini
Size/Ukuran : Isi sesuai ukuran iklan yang kamu inginkan

Jika sudah diisi klik Save/Simpan


  • Generate Tags

Selanjutnya tinggal sahabat klik " Generate tags " pada pojok kanan atas
Isi sesuai form diatas ya, kemudian klik lanjut



  • Penempatan Iklan

Perhatikan gambar di atas ini tedapat dua kode html, kode pertama atau yang atas taruh di bawah tag <head>
Dan yang kedua atau yang bawah adalah kode unit iklannya, jadi kamu bisa menempatkannya di menu gadget HTML manapun yang kamu mau.

Kalo kamu ingin menempatkannya di dalam postingan seperti biasa kamu perlu mem-Parse kode iklan dulu

Sekian tutorial mengenai Cara Memasang/Menampilkan Iklan AdSense Hosted di Blog/Website TLD Menggunakan Dfp, Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan. Jangan lupa untuk komen dibawah jika kalian belum terlalu paham okay.
Salam Blogger Indonesia.