Mau Dapat Penghasilan Dari YouTube? Kenalan Dulu Dengan YouTube

Tahukah kamu? Pada tahun 2016 hampir 5% penduduk Indonesia mulai menggeluti dunia IM khususnya di jejaring sosial YouTube. Kenapa? Karena YouTube bukan hanya saja menjadi sarana untuk melihat video yang bisa ditonton diseluruh penjuru bumi tapi juga sebagai sarana mencari penghasilan bahkan tidak sedikit menjadikannya sebagai profesi yang biasa disebut YouTuber.
Septino Wibowo
Banyak yang tidak percaya bahwa YouTube dapat menghasilkan uang, bahkan ada banyak orang yang dianggap belajar ilmu hitam/ngepet karena jarang sekali keluar rumah tapi mempunyai banyak uang dan membeli berbagai barang yang diinginkan. Hal ini biasanya dialami pada wilayah perdesaan atau wilayah yang belum terlalu mengenal apa itu internet. 

Seperti pengalaman saya sendiri ketika saya mendapatkan transferan dari kinerja saya di YouTube dan membeli Smartphone baru keluarga saya kaget dan menganggap saya mencuri, setelah saya jelaskan alasannya bagaimana saya bisa mendapatkan uang dari YouTube keluarga saya kebanyakan ada yang belum paham betul cara kerjanya YouTube seperti apa dan ada yang paham juga tapi masih bingung bagaimana menggunakannya dengan baik.

Bukan hanya keluarga saya, tetangga saya juga sering menggunjingkan saya karena dianggap pengangguran dan tak mau bekerja padahal mereka tidak tahu betul apa yang saya lakukan. Ketika saya mendapatkan uang dari YouTube dan beritanya semakin menyebar banyak yang berasumsi sama seperti keluarga saya yaitu mencuri, ngepet, bobol atm dan sebagainya. Ada beberapa tetangga saya yang paham tentang internet menjelaskan kepada mereka yang menggunjing saya bahwa saya bekerja di rumah dan hanya bermodalkan koneksi internet, laptop/PC, kamera dan piranti pendukung lainnya.

Setelah dijelaskan panjang lebar sekarang sudah banyak yang mulai mengenal saya sebagai Blogger dan YouTuber, bahkan tidak jarang ada yang meminta dilatih supaya bisa menghasilkan uang dari internet dan lainnya, saya dengan senang hati mengajarkan ilmu yang saya ketahui pada mereka yang membutuhkan.

Dari cerita saya diatas mungkin ada beberapa yang mungkin hampir sama denganmu, nah jika kamu ingin mempunyai penghasilan juga dari YouTube itu bukanlah hal yang susah tapi juga butuh usaha yang maksimal seperti bekerja pada umumnya. Pertama-tama kenalilah YouTube, semua ulasannya ada dibawah ini.

YouTube ditemukan oleh San Mateo asal California, Amerika Serikat pada tahun 2005. YouTube mulai dikenal banyak masyarakat dunia pada tahun 2009 dan makin terkenal sampai sekarang. Banyak orang yang terkenal melalui YouTube dan berpenghasilan fantastis. Seperti menelurkan berbagai musisi seperti Justin Bieber, Shawn Mendes, Raisa, GAC dan masih banyak lagi juga ada banyak YouTuber yang terkenal dan menjadi komika dan juga pemain film.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang YouTube kamu bisa klik Link INI , dan juga apabila kamu ingin menjadi seorang blogger dan memulai membuat blog ada baiknya kamu mempelajarinya terlebih dahulu dan mempersiapkannya, Langkah Awal Memulai Ngeblog

Terus bagaimana cara meghasilkan uang dari YouTube? Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghasilkan rupiah dari YouTube, semua ulasannya ada dibawah ini:
  • Laptop/PC
Peralatan yang digunakan untuk mengakses dan mengerjakan YouTube adalah Laptop dan juga PC, walaupun bisa menggunakan Smartphone tapi bagi saya tidak recommended karena lebih nyaman menggunakan piranti Laptop/PC.
  • Koneksi Internet
Ini adalah hal yang wajib kamu miliki, kamu bisa menggunakan modem atau WiFi atau alat lain untuk mengakses internet supaya bisa menjalankan Channel.
  • Tempat Kosong (Tidak Wajib)
Bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber yang haldal dan suka berbicara banyak dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi kamu bisa mempersiapkan tempat untuk markasmu membuat Video entah itu adalah video tentang Vlog atau tentang review barang atau sesuatu hal dan lain sebagainya.
  • Kamera/HandyCam (Tidak Wajib)
Piranti ini wajib digunakan bagi YouTuber yang mempunyai keinginan menjadi orang yang banyak dikenal orang banyak dan tidak diwajibkan bagi kamu yang memang ingin cuma membuat video semisal tutorial, remix musik, dan hal lainnya yang tidak memerlukan Kamera/HandyCam
  • Confident (Percaya Diri)
Hal ini wajib ditujukan bagi kamu yang ingin memvideokan diri kamu sendiri didepan kamera dan juga bagi kamu yang suka mengcover lagu dan juga membuat video unik tentang apa yang kamu lakukan.

Jika Beberapa hal diatas sudah kamu miliki yuk kita kebagian kedua, bagian ini merupakan bagian inti yaitu membuat video.
  1. Pertama-tama persiapkan dulu editor video, kamu bisa download atau membelinya karena pentin untuk menunjang kualitas dan menambah menarik video yang kamu miliki
  2. Menentukan Niche atau kategori channelmu, semisal kamu ingin fokus pada cover lagu buatlah video cover lagu yang menarik dengan beberapa editan juga perbaikan pada visualnya
  3. Siapkanlah topik yang menarik, kamu bisa mencari topik yang menarik dan baru di Google Trend dan kemudian kamu aplikasikan kedalam video kamu.
  4. Jika kamu adalah YouTuber yang ingin membuat video remix atau animasi alat yang kamu butuhkan cuma editor dan penunjangnya yaitu skill membuatnya.
  5. Apabila semuanya sudah terpenuhi, buatlah channel dan beri nama sesukamu
  6. Upload video yang sudah kamu buat dan tunggu sampai selesai
  7. Beri judul yang menarik dan gunakan Thumbnail/Gambar video yang menarik kamu bisa screen capture jika bagian yang kamu anggap menarik tidak ada pada 3 gambar rekomendasi
  8. Berilah Deskripsi sesuai video dan cantumkan beberapa hal seperti medsosmu, dan juga blog jika ada dan juga tambahkan url video lainnya yang memiliki kategoti yang sama
  9. Berikan Tags tertarget yang sesuai dengan video, kamu bisa menggunakan Extension VidIQ di Browser Chrome untuk melihat tags atau keywords apa saja yang sedang trending sekarang
  10. Setelah itu Publish videomu
  11. Buatlah Playlist sesuai kategori dan beri nama yang unik dan menarik
Terus apakah saya sudah bisa mendapatkan hasil dari YouTube? Tentu saja belum, ada satu hal lagi yang kamu butuhkan adalah memonetisasi video agar video bisa meghasilkan uang, dan untuk memonetisasi video yang kamu perlukan adalah Akun Google AdSense.
Kamu bisa mendaftarkannya langsung dari YouTube atau dengan mengunjungi situs resminya.

Hal lain yang kamu perlukan untuk membuat channel lebih menarik adalah memberikan watermark dan juga video rekomendasi pada channelmu.

Selamat mencoba untuk menghasilkan uang dari YouTube, ulasan lainnya tunggu update artikel selanjutnya. Smoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.
Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo