Cara Mudah Membuat Artikel Tidak Bisa Dicopas Kecuali Pada Bagian Tertentu

Ada beberapa orang yang malas untuk membuat artikel tapi ingin mempunyai artikel yang bagus dan berkualitas tinggi, dan mereka menempuh jalan pintas yang sering dilakukan seperti copas. Hal ini mengundang berbagai reaksi pada blogger yang benar-benar menulis dengan pemikirannya sendiri dan bertujuan baik untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.
Septino Wibowo
Ada yang bilang seharusnya copaser wajib diberantas dengan cara mujarab, ada yang bilang juga untuk membiarkan saja toh google bukan robot yang bodoh, google pasti tahu mana yang blog bagus dengan keasliannya dan blog yang sering copas sana sini. Menurut saya pribadi sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengcopy paste artikel asalkan izin terlebih dahulu dengan yang punya, tapi untuk artikel yang ditulis dengan susah payah tentunya ada harganya, dan menurut saya lebih baik membuatnya sendiri, karena menghargai karya orang adalah wujud kita menghargai diri kita sendiri dan otak yang berfungsi dengan baik yang dianugrahkan Sang Pencipta.

Ada beberapa cara sebenarnya untuk membuat bartikel tidak dapat dicopy paste, tapi jika itu adalah blog mengenai tutorial, hal penting seperti dokumen dll yang harus dicopy paste saya ada solusinya. Degan cara ini artikel tidak bisa dicopy paste kecuali bagian tertentu seperti bagian Blockquote atau biasa digunakan sebagai bagian catatan dan kode HTML, pre atau code. Berikut tutorial singkatnya :


  • Buka Blogger>Template>Edit HTML
  • carilah kode ]]></b:skin> bisa menggunakan ctrl+f pada keyboard
  • kemudian copy kode dibawah ini diatas kode ]]></b:skin> atau diatas kode </style>
 .post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}
  • Dan tambahkan kode dibawah ini supaya bagian blockquote, pre atau code bisa dicopy paste
 .post blockquote,.post pre,.post code{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}
  • Jika sudah semua simpan template dan lihat hasilnya.
    Demikianlah sedikit informasi mengenai Cara Mudah Membuat Artikel Tidak Bisa Di Copas Kecuali Pada Bagian Tertentu, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan dengan baik. Hargailah karya orang lain karena dengan demikian kamu bisa menghargai pikiran yang dikaruniakan Tuhan kepadamu.
    Salam Blogger Indonesia, Septino Wibowo